Situs Untuk Memonitor Perubahan Algoritma Google

Kangkomar.net - Berikut adalah situs-situs terpercaya yang biasa kangkomar gunakan untuk memonitor perubahan algoritma google yang akan kangkomar bagikan kepada pembaca kangkomar.net.


Jika Anda berkecimpung di dunia SEO, besar kemungkinan Anda memeriksa posisi blog Anda untuk kata kunci yang dibidiknya. Katakanlah posisi blog Anda turun sehingga Anda curiga ada perubahan algoritma Google, entah dalam bentuk Google Panda atau Google Penguin. Barangkali Anda mencari informasi terkait perubahan algoritma tersebut di forum atau blog yang membahas SEO.

Selain dari forum atau blog, sebenarnya Anda bisa mengetahui ada tidaknya perubahan di hasil pencarian Google melalui situs atau website yang memonitor perubahan algoritma Google. Jangan khawatir jika Anda belum tahu situs-situs tersebut. Berikut lima situs yang mengasyikkan untuk memonitor perubahan algoritma Google.

1. Mozcast

Anda tahu Rand Fishkin pendiri Moz.com? Jika ya, Mozcast adalah salah satu situs yang dia kembangkan bersama tim Moz. Situs ini melacak 1.000 kata kunci dan menganalisisnya berdasarkan perubahan kata-kata kunci tersebut di halaman 1 Google.

Hasil analisis itu ditampilkan dalam bentuk prakiraan cuaca algoritma Google dalam 30 hari terakhir. Prakiraan cuaca ini ditandai mulai dari cerah sampai berbadai. Cuaca cerah mengindikasikan tidak ada perubahan signifikan, sementara cuaca mendung sampai berbadai mengindikasikan adanya perubahan sedang dan besar di algoritma Google.



2. SERPs.com

Situs kedua untuk memantau perubahan algoritma Google terbaru adalah SERPs.com. Situs ini didirikan Scott Krager pada 2012, dan bertempat di Portland, Amerika Serikat.

SERPs.com memiliki tool yang disebut SERPs Volatility Index. Tool ini melacak mengindeks seribu website setiap harinya. Hasilnya disajikan dalam grafik indeks volatilitas dalam 30 dan 90 hari terakhir untuk hasil pencarian Google dan Yahoo. Semakin besar perubahan indeks volitilas ini, itu menunjukkan bahwa indikasi perubahan algoritma di kedua mesin pencarian tersebut.


3. SERPmetrics


SERPmetrics memonitor lebih dari 1.000 website. Hasil pemantauan ini disajikan dalam bentuk SERP Fluctuation. Grafik fluktuasi ini dalam kurun waktu 30 hari terakhir untuk posisi top 10 atau top 100 Google dan Bing.

4. Algoroo

Algaroo adalah situs pelacak perubahan algoritma Google yang didirikan Dejan SEO Pty Ltd, sebuah konsultan SEO dari Australia. Sistem yang dikembangkan situs tersebut memonitor sekitar 17.000 kata kunci di top 100 Google dan menyajikannya dalam bentuk grafik fluktuasi untuk 3 bulan terakhir.

Perubahan negatif dan positif dalam fluktuasi ini disebut dengan roo. Nilai roo yang tinggi mengindikasikan perubahan besar di hasil pencarian Google. Nilai roo yang kecil mengindikasikan sebaliknya.



5. Advanced Web Ranking


Situs kelima yang bisa digunakan untuk memonitor dampak perubahan algoritma Google adalah Advanced Web Ranking. Situs ini melacak sekitar 10.000 kata kunci dan 500.000 URL dari beragam topik setiap harinya. Hasil pelacakan tersebut disajikan dalam bentuk grafik batang dengan tiga warna berbeda dalam kurun waktu 3 bulan terakhir.

Grafik batang hijau mengindikasikan perubahan kecil, grafik batang kuning menunjukkan perubahan sedang, dan grafik batang merah mengindikasikan perubahan besar di hasil pencarian Google.

Baca juga "Cara memasang webmaster tools penting untuk blog"

Google melakukan perubahan di mesin pencariannya lebih dari 500 kali dalam setahun. Tentu saja, memonitor dampak perubahan tersebut memerlukan banyak waktu. Oleh karena itu, jika perubahan algoritma Google merupakan salah satu perhatian Anda dalam membangun blog, hemat waktu Anda dengan menggunakan satu atau lebih situs yang telah saya jelaskan di atas. Selamat memonitor!

1 comments:

avatar

Mari Dukung Team Anda Bersama Kami di www(dot)Upd4teBett1ng(dot)co
depo/wd hanya 50rb saja

Terima kasih sudah mau memberikan komentar anda :v

Maaf jika loading kolom komentar sedikit lama karena masalah kode css yang belum terpecahkan oleh kangkomar.net sekali lagi mohon maaf

A. Jangan malu untuk menyatakan pendapat.
B. Terima kasih jika sahabat mau berkomentar dengan baik.
EmoticonEmoticon