Cara Memasang Alexa Di Blog Wordpress

Kangkomar.net - Bagaiamana cara memasang alexa di wordpress ? tenang saja akan kangkomar bahas pada kesempatan kali ini dengan lengkap dengan gambar.


Semenjak awal April 2016 lalu sebenarnya kangkomar ingin membagikan cara  memasang widget Alexa diblog kangkomar. Tidak heran kangkomar sudah melakukan beberapa cara yang kangkomar peroleh dari beberapa sumber. Sayangnya kangkomar tetap tidak bisa menampilkan alexa di blog kangkomar yang lain karena ia mengandung kode java script yang memang tidak diperbolehkan oleh wordpress. Namun kesulitan ini bisa diatasi 12 hari lalu saat kangkomar menemukan cara jitunya.

Baca juga "cara membuat tabel di wordpress"

Oleh karenanya, pada postingan kali ini kangkomar ingin berbagi cara memasang Alexa di wordpress tersebut. Mudah-mudahan cara-cara ini bermanfaat bagi Anda yang sedang kesulitan memasang Alexa di blog wordpress.


Apa itu Alexa Rank?

Sebelumnya, kangkomar ulas secara singkat apa itu alexa? Alexa umumnya merupakan nama yang sering disebut untuk menunjukkan Alexa Rank yang disediakan secara gratis oleh alexa.com (salah satu anak perusahaan amazon).

Alexa Rank sendiri adalah ranking trafik suatu situs atau blog. Ranking ini menunjukkan jumlah pengunjung dan jumlah page view (halaman yang dilihat pengunjung) dan dihitung berdasarkan kurun waktu 3 bulanan. Semakin kecil nilai alexa, semakin besar popularitas suatu situs atau blog. Dengan kata lain, jumlah pengunjung dan halaman yang dilihat di blog itu semakin banyak.

Sebagai gambaran, blog atau situs disebut populer bila nilai alexa-nya di bawah 50,000. Situs mana yang paling populer di seluruh dunia? Jawabannya adalah Google dengan ranking alexa 1.

Cara pasang Alexa di Wordpress

Kenapa kita perlu memasang widget Alexa? Ya, untuk mengetahui ranking trafik blog kita dengan mudah. Pengalaman kangkomar, saat widget alexa belum terpasang, kangkomar harus berkunjung ke alexa.com untuk mengetahui trafik blog ini. Repot banget deh.

Baca juga "cara mengedit theme wordpress dengan mudah"

Tidak panjang lebar lagi langsung saja ke pokok dari inti yang akan kita bahas, di bawah ini adalah cara memasang alexa pada blog wordpress.


  1. Silakan kunjungi http://www.alexa.com
  2. Klik tab For Site Owner
  3. Klik Learn More pada bagian Site Widgets.
  4. Pada kolom Alexa Traffic Rank Button, masukkan URL blog Anda, lalu klik Build Widget.
  5. Akan muncul kode java scrift beserta banner-nya. Tentukan banner yang Anda maui.
  6. STOP, jangan copy kode java script tersebut walaupun ada instruksi untuk meng-copy-nya. Bila Anda copy dan paste di widget blog wordpress Anda, dijamin alexa rank gak terpasang.
  7. Yang harus Anda lakukan adalah blok kode java script dan banner tersebut menggunakan kursor Anda, lalu klik kanan dan COPY.
  8. Login ke blog wordpress Anda, dan pilih ADD NEW POST
  9. Paste di tempat biasa kita membuat postingan.
  10. Hapus sebagian gambar yang terlihat, dan sisakan hanya satu yaitu gambar widget 
  11. Klik tab HTML. Blok kode HTML yang muncul HANYA dari <a…………..</a>, lalu COPY. 
  12.  Pilih Appereance dan klik Widget
  13. Bila Anda belum menggunakan widget TEXT, drag widget ini ke bagian sisi kanan, lalu klik tanda segi tiga ke bawahnya. Bila Anda sebelumnya sudah menggunakan widget text, yang perlu Anda lakukan hanyalah mengklik tanda segitiga ke bawahnya.
  14. PASTE kode HTML tadi, lalu klik SAVE. Lihat contohnya di bawah ini.
  15. Gambar cara pasang alexa di widget text 
  16. Untuk mengetahui tampilannya, klik kanan VISIT SITE.


Nah, itulah cara memasang widget alexa di blog wordpress. Selamat mencoba. Jangan lupa, beri komentar postingan ini ya, baik Anda berhasil memasang maupun tidak berhasil. Dalam kasus tidak berhasil memasangnya, kangkomar akan menginformasikan solusinya dengan menjawab komentar Anda.

1 comments:

avatar

Kalah melulu main di agen lain?
mari coba disini Upd4te Bett1ng (7ACD8560)

Terima kasih sudah mau memberikan komentar anda :v

Maaf jika loading kolom komentar sedikit lama karena masalah kode css yang belum terpecahkan oleh kangkomar.net sekali lagi mohon maaf

A. Jangan malu untuk menyatakan pendapat.
B. Terima kasih jika sahabat mau berkomentar dengan baik.
EmoticonEmoticon