Tuesday, August 8, 2017

Belajar Huruf Dasar Korea Selatan Untuk Pemula

Kangkomar.net - Belajar huruf dasar korea selatan untuk memudahkan menghafal kosa kata bahasa korea dengan cepat hanya di blog kangkomar.net.

Belajar Bahasa Korea Untuk Pemula Pengenalan Hangeul – Huruf Korea disebut Hangeul 한글. Bagi yang berminat belajar Bahasa Korea, disini kangkomar akan coba memperkenalkan huruf Hangeul. Tentunya ini adalah pembelajaran yang sangat mendasar. Sebelum bisa membaca dan menulis huruf Korea, kita meski tahu hurufnya dulu. Disarankan bagi yang ingin belajar Bahasa Korea untuk pemula agar mempelajari sampai benar-benar paham cara penulisan dan membaca huruf Hangeul. Agar kedepannya dapat memahami seluruh kalimat tulisan Korea.



Huruf Korea atau Hangeul menurut sejarah diciptakan oleh Raja Sejong. Walaupun mempunyai kemiripan dengan huruf Kanji (China), tapi sebetulnya tidak sama. Huruf Korea lebih mudah dipelajari daripada huruf China (Kanji). Dan kangkomar yakin untuk menguasai semua huruf Korea, paling lama dua minggu sudah bisa menguasai. Semua huruf Korea terdiri dari 24 huruf. Terdiri dari 10 huruf vokal dasar dan 14 huruf konsonan dasar. Yang selanjutnya dari vokal dasar dan konsonan dasar lebih dikembangkan lagi menjadi vokal rangkap dan konsonan rangkap.
belajar bahasa korea untuk pemula 1

Khusus bagi peminat untuk bekerja di Korea Selatan, penguasaan cara menulis dan membaca huruf Korea sangat dianjurkan. Karena proses untuk bisa bekerja di Korea, syarat utamanya adalah lulus test EPS-Topik. Tentunya selain bisa baca dan tulis huruf Korea, penguasaan kosakata Korea juga adalah sebuah keharusan. Semakin banyak kosakata yang dikuasai, maka semakin besar juga peluang lulus test EPS-Topik.

Belajar Bahasa Korea Untuk Pemula Pengenalan Vokal Dasar

No
Huruf
Bunyi
1
 
 a
2
 
 ya
3
 
 eo/o
4
 
 yeo
5
 
 o
6
 
 yo
7
 
 u
8
 
 yu
9
 
 eu/u
10
 
 i

Kita mulai saja belajar Bahasa Korea pengenalan huruf Hangeulnya. Yang akan kangkomar perkenalkan lebih awal adalah huruf Korea Vokal Dasar. Seperti yang sudah kangkomar terangkan diatas, bahwa huruf Korea vokal Dasar terdiri dari 10 huruf. Berikut huruf-huruf Korea vokal dasar beserta cara membacanya :

Belajar Bahasa Korea Untuk Pemula Pengenalan Konsonan Dasar

No
Huruf
Nama
Bunyi Awal
Bunyi Tengah
Bunyi Akhir
1
kiyeok
k/g
g
k
2
nieun
n
n
n
3
tigeut
t/d
d
t
4
rieul
r/l
r/l
l
5
mieum
m
m
m
6
pieup
p/b
b
p
7
siot
s
s
t
8
ieung
ng
9
chieut
ch
j
t
10
ch’ieut
ch
ch
t
11
khieuk
kh
kh
k
12
thieut
th
th
t
13
phieup
ph
ph
p
14
hieut
h
h
t

Setelah Anda mengenal huruf Korea vokal dasar, selanjutnya mari kita lihat huruf Korea konsonan dasar. Huruf Korea konsonan dasar ini terdiri dari 14 huruf. Berikut adalah huruf Korea konsonan dasar beserta cara membacanya :

Baca juga "Berita tentang fishing terbaru 2017"

Belajar Bahasa Korea Untuk Pemula Pengenalan Vokal Rangkap


No
Huruf
Bunyi
Proses
1
ae/e
+
2
yae/ye
+
3
e
+
4
ye
+
5
oe
+
6
wa 
+
7
 wae/we
+
8
wo
+
9
 we
+
10
 wi
+
11
eui/ui
+

Selanjutnya dari vokal dasar dan konsonan dasar tersebut kemudian dikembangkan lagi menjadi vokal rangkap dan konsonan rangkap. Jika Anda sudah menguasai huruf korea vokal dasar dan konsonan dasar diatas, maka kangkomar rasa sudah cukup. Sehingga ketika mempelajari huruf Korea vokal dan konsonan rangkap tidak sulit lagi. Karena huruf Korea vokal dan konsonan rangkap hanya perkembangan dari vokal dan konsonan dasar.


Berikut huruf Korea vokal rangkap yang terdiri dari 11 huruf gabungan dari vokal dasar :

Belajar Bahasa Korea Untuk Pemula Pengenalan Konsonan Rangkap


No
Huruf
Bunyi Awal
Bunyi Tengah
Bunyi Akhir
1
kk
kk
k
2
tt
tt
3
pp
pp
4
ss
ss
t
5
cc
cc

Begitu juga dengan huruf Korea konsonan rangkap, seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa huruf rangkap hanya terdiri dari perkembangan huruf dasar. Maka huruf Korea konsonan rangkappun perkembangan dari huruf Korea konsonan dasar.

Berikut adalah huruf Korea konsonan rangkap yang terdiri dari 5 huruf :

Cara Penulisan Hangeul dan Cara Membacanya

Nah sekarang Anda sudah mengenal semua huruf Korea yang terdiri dari Vokal & Konsonan Dasar serta Vokal & Konsonan Rangkap. Sekarang mari kita bahas cara penulisan dan cara membacanya. Dengan kata lain kita akan coba praktekkan huruf Korea tersebut kedalam rangkaian kata. Yang selanjutnya dari rangkaian kata tersebut bisa menjadi satu buah kalimat.

Adapun cara penulisan huruf Korea adalah persuku kata. Dengan demikian kosakata bahasa Korea merupakan terdiri dari suku kata atau bahkan terdiri dari gabungan beberapa suku kata. Selanjutnya dari suku kata bisa kita potong menjadi suku kata Konsonan dan Vokal (KV) atau Konsonan, Vokal, Konsonan (KVK).

Jika penerapan huruf Korea vokal yang berdiri sendiri penulisannya, maka huruf ㅇ masih berfungsi. Artinya huruf ㅇ tidak dihilangkan. Kecuali jika huruf vokal digabungkan dengan huruf konsonan maka huruf ㅇ dihilangkan.

Contoh :

우유 dibaca ‘uyu’ artinya ‘susu’

Selanjutnya didalam huruf Korea, terdapat 4 pola dasar penggabungan vokal dan konsonan yang harus Anda pahami.

Pertama adalah jika Konsonan bergabung dengan Vokal vertikal, maka berpola susun kesamping.

Contoh :

다리미 dibaca ‘tarimi’ artinya ‘setrika’

Kedua jika Konsonan bergabung dengan Vokal horizontal maka berpola susun kebawah.

Contoh :

포도 dibaca ‘phodo’ artinya ‘anggur’

Ketiga jika Konsonan bergabung dengan Vokal vertikal dan ada Konsonan akhir (bachim), maka ditulis seperti berikut :

Contoh :

신발 dibaca ‘sinbal’ artinya ‘sepatu’

Keempat jika  Konsonan bergabung dengan Vokal horizontal maka berpola susun tindih seperti contoh berikut :

Contoh :

공장 dibaca ‘kongjang’ artinya ‘pabrik’

Ok untuk sementara tulisan ini dicukupkan sekian. Insya Allah kedepannya bisa disambung lagi jika ada waktu senggang.

2 comments:

  1. cara nya gimana gan pingin belajar juga nih
    hehee
    bandar togel

    ReplyDelete
    Replies
    1. caranya mudah gan tinggal belajar lewat lembaga gan

      Delete

Terima kasih sudah mau memberikan komentar anda :v

Maaf jika loading kolom komentar sedikit lama karena masalah kode css yang belum terpecahkan oleh kangkomar.net sekali lagi mohon maaf

A. Jangan malu untuk menyatakan pendapat.
B. Terima kasih jika sahabat mau berkomentar dengan baik.