Mengenal Lebih Jauh Tentang Google Analytics

Kangkomar.net - Mengenal lebih jauh tentang google analytic dan kangkomar akan membahas urusan yang berkaitan dengan google, pada kesempatan ini bagi sahabat kangkomar yang baru saja mengenal dunia blogging kangkomar akan mengupas sampai tuntas tentang mengeal lebih jauh tentang google analytics dan membahas tentang Google.


Ketika kangkomar membicarakan tentang Google memang tidak akan pernah habis, karena hampir
setiap detik ber-inovasi dan bersolusi, oleh dasar itulah artikel yang akan kangkomar buat ini berjudul mengenal lebih jauh tentang google analytic, agar tidak keliru mengartikan apa itu google analytics kangkomar akan mengupasnya secara tuntas dan tidak ada lagi keraguan untuk mengartikan apa itu Google analytics, oleh karena itulah kita harus mengenal lebih jauh apa dan bagaimana cara kerja dari berbagai pilihan program google salah satunya adalah google analytics ini.

Ada banyak para blogger yang membahas tentang Google Analytics, beberapa dari blogger profesional menyarankan bahwa Google analytics harus di miliki pada sebauh situs web maupun blog, kemudian sebenarnya apa Google Analytics ini dan seberapa pentingnya bagi aktifitas pembanguanan sebuah blog atau situs ? Google analytics merupakan salah satu layanan dari Google yang di fungsikan untuk menampilkan data statistik pengunjung ke sebuah situs web tertentu.

Google analytics bekerja secara cerdas, danbisa menelusuri dan membedakan cara pengunjung masuk berdasrkan informasi halaman pengacu, termasuk di antaranya adalah melalui mesin pencari, iklan, jaringan advertising, pay-per-click, email marketing, maupun bisa juga menelusuri kunjungan dari tautan yang terkandung pada sebuah dokumen offline seperti contoh Pdf, dan dokumen yang di unduh lainnya.

Baca 'Cara mengganti logo blog terbaru'

Pengertian Google Analytics

Google analytics bisa di katakan bahwa google analytics menjadi tools terbaik yang di miliki oleh Google mengingat penggunaanya dapat dengan mudah untuk melacak maupun memeriksa statisktik yang lebih akurat atau bahkan secara real time berdasakan trafik halaman web sahabat, fungsi lainnya, adalah tools ini mampu memeriksan seberapa tingkat bounching pada halaman web atau blog dan mendeteksi pengunjung unik seperti yang sudah di jelaskan di atas.

Sekilas memang tampilan Google analytics cukup memusingkan karena yang ada hanyalah sebuah trafik dan grafik-grafik kemudian angka, tetapi jika sahabat sudah memahami maka alat ini bisa mejadi sangat berguna karena di dalamnya menampilkan beberpaa statistik penting misalnya :


  • Trend dari pengunjung.
  • Sumber atau asala muasal kunjungan.
  • Halaman favorit (menunjukan bagian halaman mana dari web yang paling sering di pilih).
  • Peta asal dari pengunjung baik negara, maupun sumber lainnya.
  • Berapa lama kunjungan.
Gogle analytics di pastikan akan membantu sahabat mengetahui bagaiaman keefektifan promosi web atau blog, sebgai contoh ketika sahabat sudah memasang kode Google analytics ini pada blog yang membahsa tentang dunia game obline dan totoal kunjungan dalam seminggu sudah ada 800 kunjungan perharinya, dari 800 kunjungan sahabat akan mendapatkan informasi sangat penting seperti dari mana pengunung masuk ke situs sahabat.


Contoh Statistik Google Analytics

Statistik adalah, ada sekitar 80% pengunjung masuk berdasrkan brosing melalui mesin pencari Google, kemudian ada sekitar 8 % masuk melalu tautan ayng di sebar melaui facebook, sisnya 4% melalui media sosial lain seperti twitter serta 2% dari trik SEO of page karena sahabat memeasang link pada website lain, tidak hanya itu saja, Google analytics juga bisa membuat hitungan seperti kunjungan terhadapa halaman web adalah selama 10 menit.

Google analytics dan adwords

Hanya sebagai pemberitahu pengunjug saja ? Itu bila sahabat belum mengeksplorasi karena apabila tools ini di intregrasikan dengna layanan adwords ternyata Google analytics sangat bermanfaat untuk mengalisis efektifitas iklan adwords yang terpasang pada google, karena menggunakan google analytics memungkinkan para pengguna bisa mengetahui iklan maupun kata kunci apa yang di anggap paling banyak merujuk ke situs web sahabat.


Cara membuat Google analytics

  • Langkah pertama adalah kunjungi halaman Google analytics sebagai halaman resmi untuk membuat akun Google analytics.
  • Sahabat sebernarya hanya perlu untuk klik login atau masuk saja jika sudah memiliki akun Gmail ini karena seluruh layanan Google memang di upayakan untuk terintegrasi dengan akun Gmail.
  • Apabila sudah login atau masuk dengan Gmail, lihat tulisan "Start using Google Analytics"  dan klik Sign Up.
  • Proses selanjutnya, sahabat akan masuk ke halaman baru dan di minta memasukanbeberpa informasi utnuk kelangkapan profil sahabat , yang terpenting harus di tulis adalah nama website yang di miliki, kemudian isi dengan url blog maupun wbesit sahabat, isis juga apa kategori blog, time zone serta nama untuk akun blog yang akan di guankana pada Google Analytics, langkah terakhir adalah klik tombol Get tracking id.
  • Pada jendela baru muncun terms adn condition, dan sahabat haru klik tombol i accept sebagai syarat menyetujuia ketentuan dari Google Analytics, dan jangan lupa untuk mencatat ID pelacakan untuk di gunakan.
Untuk menambhakan google analytics pada pengaturan blogger caranya cukup mudah, setelah masuk ke akun blog tinggal klik setting, perhatikan kolom google analytics, cukup masukan maupun bisa salin id pelcakan blog sahabat pada kolom teks yang tersedia dengan tulisan "ID properti web analytics".

Terima kasih sudah mampir ke dalam blog sederhana kangkomar semoga menjadi ilmu dan berkah tersendiri untuk sahabat dan kangkomar sendiri kangkomar pamit dan salam sukses untuk semuanya.

Terima kasih sudah mau memberikan komentar anda :v

Maaf jika loading kolom komentar sedikit lama karena masalah kode css yang belum terpecahkan oleh kangkomar.net sekali lagi mohon maaf

A. Jangan malu untuk menyatakan pendapat.
B. Terima kasih jika sahabat mau berkomentar dengan baik.
EmoticonEmoticon