cara mengatasi virus ransomware wannacry

Kangkomar.net - Cara mengatasi virus ransomware wannacry yang menjangkit komputer atau laptop yang biasa di gunakan sehari-hari, cara yang akan kangkomar bagikan ini juga dapat di gunakan untuk mengatasi sebuah server dari instansi pemerintah, maupun usaha yang terjangkit virus ransomware wannacry ini, bagaiamana cara mengatasinya kangkomar akan membahasnya satu persatu.



Dalam satu pekan ini jagad dunia Internet di gemparkan dengan adanya virus yang bernama Wannadry ini, karena virus ini dapat menyandera data-data pengguna yang terjangkit oleh virus ransomware wannacry ini.

Virus ransomware wannacry sudah menjangkit dan menyebar ke lebih dari 150 negara, itu yang terdata dan di laporkan oleh sebuah situs ternama di dunia, semkain hari semakin bertambah kuat juga virus yang di hasilkan dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab, pihak microsoft selaku sistem opereasi yang paling banyak di bobol oleh para hacker, dan paling banyak juga di masuki oleh virus ransomware wannacry ini.

Di Indonesia sendiri sudah di serang yaitu beberapa istansi rumah sakit di jawa timur tepatnya, sudah ada dua rumah sakit yang terserang virus ransomware wannacry in iyaitu Rumah Sakit Dharmais dan Rumah Sakit Harapan kita.

Baca "cara mengatasi komputer yang tidak bisa di shutdown"

Kangkomar selaku pengguna setia dari sistem operasi microsoft windows, merasa was-was dan khawatir takut akan terjangkit virus berbahaya berlambang kunci gembok merah ini, karena ketika virus ini menyerang sistem yang kita gunakan maka semua data-data yang sahabat miliki akan dapat di lihat oleh si pembuat virus ransomware wannacry ini.

Virus ransomware wannacry ini menyerang para pengguna komputer berbasis windowss yang jarang di update, sehingga virus ransomware wannacry ini dapat dengan mudah masuk dan mengobrak-abrik data-data yang ada dan terhubung dengan komputer yang terjangkit virus ransomware wannacry ini.

Seranga virus ransomware wannacry di prediksi sebagai serangan cyber terbesar yang pernah ada, karena sebelumnya belum pernah terjadi hal yang sangat menghebohkan berbagai kalangan ini, parae pengguna hanya bisa berdoa agar cepat teratasi dan cepat di basmi virus ransomware wannacry ini.

Pihak microsoft sebenanya sudah mengeluarkan patch untuk untuk mengatasi penyebaran terjangkitnya virus ransomware wannacry pada bulan maret, pada update sistem operasi windows, tetapi banyak dari pengguna yang tidak tahu, dan seolah-olah membiarkan sistem operasinya tidak terupdate.

Tanda-tanda komputer terserang virus ransomware


  • Munculnya pop up windows yang berisi pesan bahwa data milik komputer telah di enkripsi.
  • Terdapat hitung mundur batas waktu pembayran uang tebusan dan tenggat waktu penghapusan dokumen jika uang tebusan yang di minta tidak di bayarkan.
  • Prompt dan notifikasi tersebutbagkan ada versi bahasa Indonesia karena ransomware wannacry bersifat multi-lingual untuk menyasar korban di berbagai negara. ada lebih dari 25 bahasa yang bisa di tampilkna oleh ransomware wannacry.
  • Walpaper windos yang terjangkit akan di ganti dengan virus dengan tulisan berjudul "Ooops, your importan files are encrypted" dengan latar belakang hitam.
  • Data yang tersimpan di komputer yang sudah terserang atau terjangkit virus ransomware wannacry tidak dapat di akses sama sekali.
Pemerintah menghimbau masyarakat agar tidak memenuhi tebusan dari sang virus yang meminta uang sebesar Rp. 4.000.000,-.dan pemerintah menyarankan jangan panik menghadapi seranga cyber ini karena masalahnya sedang di pecahkan sampai saat ini.


Cara mengatasi virus ransomware wannacry

Mencegah serang cyber ransomware wannacry memang sanagt mudah, cukup untuk mengupdate windows yang sahabat gunakan dengan security patch versi terbaru dari microsof, Pihak microsoft sendiri tidak tinggal diam dalam menangani hal ini dan langsung bertindak cepat.

Cukup mengupdate security patch dari windows sebernya sudah cukup tetapi sahabat juga bisa mealakukan back up data penting demi menghindari masalah yang ada sewaktu-waktu jika terjangkit virus ini, saran kangkomar pada saat membackup data jangan hubungkan komputer windwos saahbat ke dalam jaringan internet.

Sahabat juga jangan mengaktifkan fungsi macros, kemudian update antivirus yang sahabat guankan jika ada, karena sejumlah developer anti virus seperti avast dan mcafee saat ini sudah ikut bergerak unutk mencegah ransomware wannacry ini.

cara mencegah virus ransomware wannacry jika sudah terjangkit virus ini


  • Masuk ke safe mode.
  • Klik safe boot >> minimal, klik Ok dan restart.
  • Setelah di restart masuk ke control panel >> folder options >> show hidden file (cek gambar) lalu klik apply.
  • Masuk ke msconfig >> starup >> disable program yang mencurigkan atau tidak di ketahui, klik OK dan klik "Exit without restart".
  • Hapus file berbahaya (semua file virus).
  • Periksa folder berikutnya untuk menemukan file yang mencurigkan misal : %TEMP%APPDATA% %pROGRAMdATA% (jika ada folder atau file wanna cry hapus langsung).
  • Cek host file, karena itu bisa corrupt oleh virus ransomware wannacry ini. letaknya ada di c:\windows\system32\driver\etc nanti ada file host kemudian buka dengan notepad (di situ jika ada situs yang tidak di ketahui, maka langsung hapus saja).
  • Nah setelah itu, masuk lagi ke msconfig terus disable safe mode klik OK lalu restart.
  • Setelah restar, tidak ada "Decryption tools" sekarang, tapi sahabat dapat merestore file dari backup atau mengembalikan folder yang terpisah.
  • sekarang sahabat bisa melihat versi lama dari file yang terenkripsi tersebut.
  • Hapus file bernama : Readmore.txt.WCRY License.txt.WCRY History.txt.WCRY!Please Read Me!.txt. !Wannadecryptor!.exe.
Demikian adalah cara mengatasi virsu ransomware yang dapat kangkomar berikan semoga kita semakin berhati-hati dalam melakukan hal apapun, jangan mengklik tautan dari sumber yang tidak bertanggung jawab, dan selalu update sistem operasi yang sahabat gunakan setiap saat, agar tidak ada celah yang dapat do masuki oleh virus bernama ransomware wanncry dan virus yang akan muncul berikutnya, jadilah pengguna yang cerdas dan tanggap salam sukses dan sampai jumpa.

6 comments

avatar

Makasiiih sharingnyaa ya kang :') sejak munculnya berita virus ini udah meresahkan, wannacry gtu :' hmm

avatar

siap gan yang terinfeksi memang hanya bisanya menangis, kalau di tebus uang pun tidak menjadi jaminan data yang sudah di enkripsi bisa kembali lagi

avatar

Untungnya dari pihak microsoft bertindak cepat, jika tidak maka akan banyak korban berjatuhan.

Untung saya tidak memakai sistem windows kang, jadi aman..!

avatar

suhu indra memang selalu bergerak cepat dalam berbagai bidang, kalau tidak menggunakan microsoft suhu indra menggunakan sistem apa suhu kalau boleh tahu linux atau mac, microsoft memang sangat tanggap itulah yang di namakan pelayanan sebagai modal utama sebuah perusahaan besar.

avatar

ngeri ya
tp pake linux lebih aman

avatar

hehe ane gak bisa pake linx mas bro susah soalnya aplikasinya sedikit yang mendukung di sistem operasi berbasis linux

Terima kasih sudah mau memberikan komentar anda :v

Maaf jika loading kolom komentar sedikit lama karena masalah kode css yang belum terpecahkan oleh kangkomar.net sekali lagi mohon maaf

A. Jangan malu untuk menyatakan pendapat.
B. Terima kasih jika sahabat mau berkomentar dengan baik.
EmoticonEmoticon