Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi iklan Google Adsense Tidak Tampil Di Blog atau Web

Kangkomar.net - Faktor-faktor yang mempengaruhi iklan google adsense tidak tampil di blog atau web, banyak pertanyaan yang di tujukan kepada para master dan suhu blogger, karena para newbie yang ketakutan iklan yang di pasang tidak tampil di halaman web atau blog yang di pasang.


Kangkomar akan memberikan sedikit alasan demi alasan yang mungkin salah satunya adalah terjadi di dalam akun Google adsense milik sahabat. Jangan mengambil keputusan yang ekstrim sebelum sahabat mengetahui jalan keluarnya, perlu di ingat bahwa semua masalah atau permasalahan mesti ada jalan keluarnya.

Ketika iklan adsense tidak tampil di blog tidak sedikit blogger yang tidak memiliki petunjuk apapun bagaimana cara memecahkannya, sampai sekarang pun tidak ada tools yang tersedia untuk mengatasinya, kangkomar biasanya memeriksa secara manual terhadapa blog yang bersangkutan lalu mencoba beberapa opsi untuk mencari apa yang salah sehingga iklan tidak tampil di blog.


Baca juga "Peraturan google adsense yang wajib di ketahui"

Faktor-faktor yang mempengaruhi iklan Google adsense tidak tampil di blog atau web


1. Masalah klasik akun Hosted di kira Non Hosted

Ini adalah alasan pertama mengapa iklan adsense tidak tampil di blog atau web sahabat, jika saahbat memiliki akun hosted dan sahbat mencoba memasangya di blog yang bukan mitra host adsense, maka iklan adsense tidak akan tampil.

Ini terjadi jika sahabat meng-upgrade blog berdomai blogspot.com sahabat ke custom domain, sekali sahabat pindah cutom domain, blog sahabat bukan lagi bagian dari platform hosted adsense, karenanya iklan adsense sahabat akan berhenti di tayangkan.


2. Unit iklan baru

Apakaha sahabat baru saja membuat unit iklan baru ? Coba ingat sahabat, pada umunya iklan akan mulai di tampilkan 15 menit setelah unit iklan di buat, tetapi terkdang butuh waktu sampai 1 jam lamanya, sampai iklan tampil. Untuk itu, jika sahabat baru saja membuat unit iklan baru, tidak perlu panik. Coba untuk refresh halaman setiap 5 menit sekali, dan jika setelah 1 jam iklan tidak tampil juga, baru sahabat berusaha mencari apa penyebabnya.

Sudah sangat sering mengalami ini saat seorang menanyakan dan minta bantuan kepada kangkomar, kangkomar hanya menyatakan dan menjawab coba tunggu 1 jam, dan biasanya masalah akan teratasi dengan sendirinya, kuncinya adalah jangan panik.


3. Terlalu banyak widget dan script

Apakah sahabat terlalu banyak menggunakan widget dan script di blog atau web sahabat? Beberapa di antarnya mungkin memblokir iklan sahabat, sebagai langkah awal, coba sahabat satat semua widget atau script yang sahabat gunakan di blog.

Kemudian hapus dulu semuanya dan cek apakah iklan adsense bisa tampil setelah memberinya waktu load yang lebih banyak, jika ternyata ikaln dapat tampil, maka sahabat dapat menambahkan widget dan script tadi satu persatu, untuk menemukan amna yang bermasalah dengan iklan google adsense yang sahabat miliki, sehingga sahabat dapat memecahkannya sendiri.


4. Script iklan belum terpasang

Hal ini mungkin terlihat bodoh atau semacamna, tetapi kangkomar benar-benar menemukan banyak orang mengeluh kenapa iklannya tidak tampil, padahal dia sesungguhnya belum menempatkan script google adsense ke dalam situs blog atau web mereka.

Banyak orang menggunakan widget cms yang di gunakan untuk memasang iklan adsense, dan ini sangat memungkinkan widget adsense tidak bekerja dengan benar, cara terbaik untuk mengetahuinya adalah dengan memeriksa source code halaman.

Klik kanan pada halaman, kemudian klik "Lihat sumber halaman", sekarang coba cari script adsense pada kode sumber apakah sahabat menemukan kode script iklan terpasang dengan benar? Jika belum coba periksa setting widget atau blog sahabat dan pastikan juga sahabat menggunakan PUB dan ID yang benar dan script terpasang dengan sintaks yang benar.


5. Script asinkron

Apakah sahabat menggunakan kode iklan asinkron ? Ini adalah tergolong script terbaru dan merupakan cara yang lebih efisien untuk menayangkan iklan, dan secara umum sangat bermanfaat untuk membuat loadi iklan tanpa banyak mempengaruhi waktu pemuatan halaman yang ada di web atau blog sahabat.

Tetapi demikian, di ketahui pula bahwa kode asinkron ini memiliki masalah kompatibilitas dengan banyak script lainnya, beberapa script lainnya, mungkin memblokir kode asinkron adsense sahabat untuk menampilkan iklan di dalam web atau blog sahabat.

Untuk itu tidak ada salahnya mencoba menggunakan kode iklan adsense biasa, dan lihat apakah bisa bekerja dengan baik, jika ya baru kemudian sahabat cari script mana yang kira-kira bermasalah dengan script asinkron adsense yang sahabat pasang.


6. Review tahap kedua

Google menerapkan 2 tahap review dalam proses persetujuan google adsense kepada seluruh publisher google mereka, pada saat mendaftar, sahabat akan mendapatkan jawaban cepat, persetujuan pertama pada tahap ini, sahabat sudah bisa membuat unit iklan dan memasangnya di blog, namun alih-alih menampilkan iklan sesungguhnya, sahabat hanya akan melihat space kosong alias zonk.

Setelah iklan yang terpasang tadi mulai mendapat impresi, maka akun sahabat akan masuk daftar antrian, kemudian pada gilirannya tim adsense akan me-review hanya setelah sahabat lolos dalam proses review kedua inilah iklan akan di tayangkan.


7. Verifikasi PIN

Jika pihak google adsense telah mengirimkan PIN tetapi sahabat tidak memasukan ke akun google adsense sahabat, maka iklan sahabat tidak akan di tampilkan lagi, sampai sahabat berhasil memverifikasi alamat sahabat.


8. Iklan pernah di nonaktifkan 

Iklan google adsense pernah di nonaktifkan sebelumnya jika akun google adsense sahabat sebelumnya pernah di nonaktifkan menampilkan iklan di blog tertentu karena pelanggaran tertentu, maka butuh waktu hingga 48 jam agar iklan adsense tampil kembali.


9. Ads Blocker

Jika sahabat tidak melihat tampilan iklan, sementara orang lain melihat iklan di blog sahabat, maka ini bisa menjadi kerjaan dari virus, antivirus atau aplikasi pemblokir iklan yang mencegah sahabat melihat iklan. Periksa ekstensi brower atau antivirus sahabat untuk melihat apakah mereka memblokir iklan.


Demikian ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi iklan google adsense tidak tampil di blog atau web yang sahabat kelola, semoga saja ini bisa menjadi referensi dari permaslaahn yang sahabat dapatkan, jika ada yang bemanfaat silahkan kirim komentar kesan sahabat datang ke dalam blog sahabat, sampai jumpa dan salam sukses untuk sahabat seluruh kangkomar di manapun berada.







1 comments:

Terima kasih sudah mau memberikan komentar anda :v

Maaf jika loading kolom komentar sedikit lama karena masalah kode css yang belum terpecahkan oleh kangkomar.net sekali lagi mohon maaf

A. Jangan malu untuk menyatakan pendapat.
B. Terima kasih jika sahabat mau berkomentar dengan baik.
EmoticonEmoticon