Cara Pindah Hosting Dari Yang Lama Ke Hosting Baru di Wordpress

Kangkomar.net - Cara pindah hosting dari yang hosting lama ke hosting yang baru di wordpress, di dunia internet marketing memang sangat riskan dalam hal mengganti hosting yang tepat murah dan sesuai dengan keinginan yang kita inginkan.


Namanya juga manusia pasti mengalami yang namanya bosen dalam menggunakan segala sesuatu, alasan dari internet marketing berpindah hosting karena harga dan pelayanannya tidak sesuai dengan yang di harapkan, di samping harga pelayanan juga sangat di utamakan, jika ada suatu error dan provider hosting tidak cepat tanggap maka akan perusahaan hosting tersebut akan di tinggal oleh para penggunanya, oleh karena itu kangkomar akan memberikan artikel cara pindah hosting dari yang lama ke hosting yang baru di wordpress.

Banyak alasan sehingga kita harus memindahkan hosting yang lama ke hosting yang baru, misalnya hosting lama seringkali bermasalah karena server down, bandwith terkuran menghabiskna RAM & CPU, dan sebagainya, atau mungkin saja sahabat pindah hosting karena ingin mencoba hosting baru yang sedang menyelenggarkan promo habis-habisan semisal akhir tahun, tahun baru dan lain sebagainya, apapun alasanya kangkomar akan membahas tuntan bagaimana cara pindah hosting lama ke hosting baru khusus untuk para pengguna platform Wordpress.

Kangkomar sering kali mendengar ucapan pindah hosting itu lebih sulit daripada membuat blog baru di wordpress, Apakah ini Fakta atau Mitos ? Ya memang Fakta, tetapi bukan berarti sulit itu sahabat tidak bisa pindah, dan tidak mungkin berpindah hosting setahun dalam puluhan kali misalnya, apapun kesulitannya jika sahabat tidak berani untuk mencoba maka sampai kapanpun tidak akan pernah bisa.

Sulit itu jika belum pernah mencobanya, namun jika sahabat siap untuk belajar dan berani mengambil resiko, maka pada akhirnya akan terbiaasa kemudian bisa, cara pindah hosting wordpress yang akan kangkomar bagikan di sini adalah berdasarkan pengalaman para sahabat kangkomar yang kangkoma rangkum secara singkat agar semua pengguna baru maupun lama dapat memahami artikel yang akan kangkomar buat ini dengan mudah.

Cara pindah Hosting dari yang lama ke hosting baru, cukup melakukan Backup data di hosting lama, instal wordpress di hosting baru, restore data di hosting baru dan Rubah Name Server di tempar pembelian domain.


Baca 'Cara Backup konten wordpress terlengkap'
  • Backup data (Konten) Wordpress di hosting lama
Pertama yang harus sahabat lakukan adalah melakukan backup data penting yang berada di hosting lama, data penting apa saja yang harus sahabat backup ? Yang harus sahbat backup adalah data dari hosting lama adalah wp-content dan MySQL Database, kedua data ini wajib sahabat amanakan sebelum memutuskan kontrak dengan hosting lama dan meninggalkan hosting lama.

Selain kedua syarat di atas, kangkomar sarankan juga untuk backup file.htacces dan file robots.txt di hosting lama, bukan hal sulit membaut file.htaccess dan file robots.txt, namun alangkah baiknya jika sahabat membackup kedua file ini demi untuk menghemat waktu sahabat nantinya.

Masih di hosting lama, satu hal lagi yang harus sahabat lakukan di hosting lama yaitu mencatat nama table prefix yang berbeda di file wp-config.php, tepatnya file wp-config.php ini berada di di rektori utama di wordpress/public_html. pilih file wp-confige.php kemudian kli Edit.

Yang mana sih itu table prefix ? Sahabat bisa lihat struktur kode di bawah ini yang kangkomar ambil dari sebagian kode yang berada di dalam file wp.config.php.

/**
*Wordpress database table prefix.
*
*You can have multiple installations in one database if you give each.
*a unique prefix. only numbers, letters, and underscores please!
*/
$table_prefix='wp_domain_';

contoh di atas nama table prefixnya adalaha wp_admin_. sahabat simpan baik-baik nama table tersebut, karena nanti sahabat butuhkan ketiak sahabat mengisntal wordpress di hosting baru.

  • Instal CMS Wordpress di Hosting Baru
Tugas di hosting lama sudah selesai, sampai langkah ini sahabat sudah mempunyai file backup : wp-content, MySQL datbase, .htaccess, robots.txt, dan nama table prefix.

Sekarang silahkan sahabat login di cPanel hosting baru dengan user dan password sahabat miliki, Instal Wordpress yang kangkomar sukai adalah dengan menggunakan aplikasi softtaculous, dan cara instal wordpress ini tidak perlu kangkomar jelaskan.

Satu hal penting sebelum sahabat klik Instal wordpress, sahabat harus merubah nama table prefix dengan table prefix yang sahabat simpan tadi dari wp-config.php hosting lama, dimana tadi sahabat telah menyimpan nama table prefix wp_domain_(sekedar_contoh).

  • Restore data (konten) wordpress di hosting baru
Sahabat sudah selesai menginstal CMS Wordpress di hosting baru, tentunya konten di dalamnya masih kosong dan sahabat harus mengisinya dengan konten yang berasal dari hosting lama, sekarang tinggalkan masalalu dan waktunya menatap masa depan.

Untuk melakukan kegiatan ini sahabat harus restore data atau konten dari hosting lama ke hosting baru, data yang sahbat restore di hosting baru adalah semua data yang sahabt tadi backup di hosting lama.

Hapus dan ganti wp-content di hosting baru dengan wp-content yang berasal dari hosting lama, begigtu juga dengan MySQL databases, cara restore data ini kangkomar rasa tidak perlu juga di bahas di sini.

Jangan sampai lupa file .htaccess dan file robots.txt juga sahabat upload ke dlaam di rektori utama wordpress atau dari file manager >> Public_Html, masih satu tempat dengan file-file wordpress lainnya.


  • Rubah Name server Hosting Lama dengan Hosting Baru

Jika semua langkah di atas sudah terselesaikan dengan baik, maka tugas sahabat sekarang adalah menghubungkan hosting baru denga domain, karena tutorial cara pindah hosting wordpress di sini adalah hanya pindah hostingnya sjaa tidak dengan migrasi domain, artinya sahabat sewa hosting di website A dan sewa domain di website B.

Jika domain hosting sahbaat beli dan sewa di satu tempat, maka perubahan Name Server tidak perlu di lakukan. Silahkan sahabat merubah Name server di tempat pembelian domain dengan Name Server hosting baru, biasanya alamat Name Server di awali dengan ns Seperti Name Server Web hosting yang sudah umum tersedia di pasaran kangkomar tidak akan sebut merk hehehe.

Perubahan Name Server maka domain akan mengalami masa Propagasi, artinya domain sahabat memerlukan jeda waktu untuk sampai mengenali atau tersambung dengan server hosting baru, masa propagasi tidak sama, bisa cepat terkadang sangat lambat.

Jika sahabat lupa menentukan table prefix ketika menginstal CMS Wordpress, maka solusinya adlaah dengan merubah nama table prefix yang berada di file wp.config.php hosting baru dengan nama table prefix di hosting lama.

Demikian artikel cara pindah hosting yang lama ke hosting baru di wordpress, jika ada kekurangan dan kesalahan dalam pengetikan artikel kangkomar mohon maaf dan sampai jumpa sahabat salam sukses untuk seluruh teman-teman blogger seluruh Indonesia.

Terima kasih sudah mau memberikan komentar anda :v

Maaf jika loading kolom komentar sedikit lama karena masalah kode css yang belum terpecahkan oleh kangkomar.net sekali lagi mohon maaf

A. Jangan malu untuk menyatakan pendapat.
B. Terima kasih jika sahabat mau berkomentar dengan baik.
EmoticonEmoticon