Cara Menulis Arab di Microsoft Word Terbaru Khusus untuk Pemula

Kangkomar.net - Cara menulis huruf arab di microsoft word dengan benar, panduan yang bisa bikin sahabat mahir dalam menulis huruf arab, dan bisa juga untuk membuat pidato bahasa arab tanpa harus meminta mengerjakan kepada orang lain, kalau kita bisa kenapa tidak itulah moto di dalam kehiduoan kangkomar, dan kangkomar ingin berbagi cara membuat sebuah tulisan arab di microsoft word, yang semoga saja dengan artikel ini dapat membantu memecahkan maslaah yang sedang di hadapi tatkala sahabat kangkomar mengalami kesulitan dalam penulisan huruf arab.

Bagi para pengguna microsot word memang sangat asing dengan hal ini, karena mereka baru pertama kali menggunakan microsoft word yang akhirnya malah bikin kepala puyeng ketika ada tugas untuk mengetik huruf arab dari bapak guru, atau karena tuntuan tugas kuliah, tenang saja kangkomar akan memberikan sebuah cara yang singkat dan mudah di pahamai agar sahabat tidak pusing dalam membuat sebuah tulisan arab di dalam microsoft word.

Baca juga "Mengenal fungsi dari microsoft word untuk pemula"

Alternatif 1

Cara mengaktifkan keyboard arab pada windows

Sebelum sahabat memulai mengetik arab pada cara yang pertama ini sahabat di haruskan melakukan setting di languagge and regional agar kita bisa mengaktifkan keyboar arabic di windows untuk membuat tulisan arab bagaiamana caranya simak penjelasannya berikut ini.


  1. Klik Start => control pannel kemudian pilih clock, language and regional, di windows 10 caranya sama hanya saja masuk ke menu pengaturan yang ada di pojok kiri bawah dan pilih Time and language.

  2. Klik change keyboar kemudian pilih add => arabic (arab saudi) => keyboar => arabic (1001) => OK.
  3. Setelah semuanya di klik OK ada 3 kali OK maka di pojok bawah kanan taksbar akan ada menu tulisan EN, IND, AR.
  4. Untuk merubah keyboard englis (EN) ke arabic (AR) atau sebaliknya sahabat tinggal klik shift+alt secara bersamaan, jika yang muncul EN berati keyboard english yang sedang aktif, jika yang muncul AR berati keyboard arabic yang aktif.
Cara mengetik tulisan arab di microsoft word

  • Pertama, Buatlah document baru di microsoft word.
  • Kedua, klik shift+alt untuk emnukar dari keyboard EN ke AR.
  • Ketiga, setelah icon berubah menjadi AR, berati sahbat sudah bisa mentik tulisan arab, untuk menampilkan keyboard versi arab silahkan sahabat tampilan keyboar virtual di windows.
  • Keempat, tinggal mengetik sesuai dengan kebutuhan dokumen yang di inginkan.

Kangkomar juga memiliki cara yang sangat mudah tidak perlu panjang lebar mengetik huruf arab sahabat hanya perlu menambahkan ayat yang ingin di ketik semisal surat al imron bayangkan jika sahabat mengetiknya secara manual berapa lama waktu yang di guankan untuk menulis suarat al imron ini jadi kangkomar ingin meringankan tugas sahabat dengan memberikan cara yaitu menggunakan aplikasi quran in word yang sangat mudah  dan simpel dalam penggunaanya.

Alternatif 2

Fitur yang terdapat di Quran In Word

  1. Menampilakn arab dan terjemahnya.
  2. Automatic replace.
  3. Menampilkan ayat dan terjemahannya berdasarkan ayat atau di terjemahkan per ayat.
  4. Menu pilihan suat dan ayat tertentu.
  5. Di dukung banyak bahasa yang meliputi Indonesia, malaysai, inggris, rusia dan masih banayk bahasa asing lainnya.
  6. Mampu menampilkan unicode text.

Cara menuliskan ayat alquran di microsoft word

  1. Instal terlbeih dahulu aplikasi Quran In Word.
  2. Selanjutnya buka microsoft word sahabat.
  3. Klik menu add-ins pada menu bar.
  4. Maka akan muncul menu Alquran.
  5. Pilih Get Arabic atau Get Arabic + translation untuk ayat dan terjemahannya.
  6. Maka akan mucul jendela choose surat dan ayat.
  7. Pilih nama suartnya dan ayat yang akan di tampilkan.
  8. Klik Ok untuk menuliskan ayat alquran di dalam microsoft word.
Demikian adalah artikel yang dapat kangkomar bagikan kepada sahabat kangkomar mengenai caa menulis arab di microsoft word terbaru khusus untuk pemula semoga menjadi bermanfaat bagi sahabat kangkomar.net jangan lupa untuk meninggalkan komentar di kolom komentar di bawah ini kangkomar pamit sampai bertemu di lain kesempatan dan sampai jumpa.

Terima kasih sudah mau memberikan komentar anda :v

Maaf jika loading kolom komentar sedikit lama karena masalah kode css yang belum terpecahkan oleh kangkomar.net sekali lagi mohon maaf

A. Jangan malu untuk menyatakan pendapat.
B. Terima kasih jika sahabat mau berkomentar dengan baik.
EmoticonEmoticon