Cara Mengatasi Masalah Pada Windows 10 ( Terlengkap )

Kangkomar.net - Cara mengatasi masalah pada windows 10 terlengkap, terbaru dan terupdate, maslaah yang sering muncul, masalah yang jarang di temui, dan berbagai masalah yang berkaitan dengan windows 10 akan kangkomar bahas tuntas, silahkan membaca dengan seksama artikel yang baru kangkomar buat ini, semoga menjadi pelajaran bagi kita semua, jika sahabat mengalami kendala silahkan langsung hubungi kangkomar, dan kangkomar akan meresponnya dengan cepat.


Masalah yang muncul pada windows 10 memang sangat membuat kita jengkel, karena sistem terbaru dari microsoft ini banyak sekali menemui masalah, jika sahabat adalah pengguna windows 10 pasti dan sudah pasti akan mengalami masalah yang akan kangkomar bahas ini

Windows 10 sendiri merupakan versi dari system operasi windows NT yang di perkenalkan pada bulan april 2014 pada koferensi Build, windows 10 bertujuan untuk mengatasi kekurangan dalam antar muka user pertama kalai di perkenalkan oleh windows 8 dengan menambahkan mekanik tambahan yang di rancang untuk meningktan pengalaman pengguna untuk perangkat non screen, dan pertama kali di resmikan oleh Theshold secara resmi ke media pada tanggal 30 september 2014 dengan nama Windows 10.

Dan satu-satunya menjadi platform yang paling koprehensif yang pernah ada di microsoft yang menyediakna tunggal, platform yang bersatu dengan komputer, laptop, tablet, smartphonne dan perangkat all in one lainnya, windows 10 home untuk perangkat PC biasa, windows 10 pro untuk pengguna mahir dan lingkaran bisnis, windows 10 Enterprise untuk linkungan bisnis atau organisai berbasis IT, dan windows 10 Education untuk sekolah, kampus dan universitas, untuk smartphone sendiri ada windows 10 mobile untuk smartphone dan tablet kecil, yang berasal dari windows phone 8.1 dan windows RT, windows 10 mobile enterprise untuk organisai berbasis IT yang mirip dengan windows 8.1 Enterprise, dan windows 10 Lot Core untuk di gunakan dalam footprint kecil perangkat berbiaya rendah dan skenario Internt Of Things (Lot) dan akan mirip dengan windows Embedded.

Baca "Cara berbagai file data di windows"

Cara mengatasi masalah pada windows 10 Terlengkap

1. Reboot loop (restart berulang-ulang) setelah Update

Masalah yang paling banyak di alami pengguna setelah melakukan update windows 10 adalah Reboot Loop, yaitu suatu kejadian dimana komputer atau laptop megnalami restart yang tidak kunjung selesai dan berulang-ulang, dan yang lebih membuat jengkel lagi fitur auto update tidak bisa di matikan, sehingga jika terhubung ke internet akan otomatis mengupdate dirinya sendiri, sehingga masalah reboot loop kemungkinana besar akan terjadi seperti yang kangkomar alami ini.

Karena pada windows 10, microsoft telah mengubah berbaga lokasi pengaturan dan komponenya, pengaturan tersebut di pindahkan dari control panel ke aplikasi setting yang lebih sederhana.

Cara mengatasainya adalah disabble update di windows 10 dengan cara mengatur tupe jaringan ke penagturan bebrasis Kuota, emnggunakan Group Policy agar windows tidak mendownload update, dan mematikan sepenuhnya update menggunakan service.msc.


2. Aplikasi tidak kompatibel dan tidak bisa di buka

Masalah banyaknya aplikasi yang belum kompatibel pada os windows 10 terbaru memang sudah tidak mengherankan lagi, karena di sebabkan oleh berbagai masalah, solusinya dapat menggunakana Compatibility mode yang sudah di sediakan di windows, klik kanan pada aplikasi yang di inginkan dan buka properties >> Buka tab Compatibility >> pilih versi windows sebelumnya yang di sinigkan, tetapi tidak semua aplikasi bisa berjalan dengan baik setelah menggunakan Compatibilty mde, tetapi kangkomar rekomendasikan untuk di coba, atau juga bisa melalui Run As Administrator, dengan klk kanan pada aplikais kemudian Run As Administrator.

3.  Masalah pada aplikasi Default

Pada windows 10 kini telah menghilangkan pilihan default file associations, hal ini akan sedikit menggangu pengguna ketika membuka sebuah file.

Aplikasi default yaitu aplikais yang secara otomatis akan membuka sebuah file yang sahbaat dari windows explore, nah ketika membuka sebuah file yang aplikasinya tidak ada pada windows akan mengalami masalah.

Untuk pengguna harus mengubah default file associations pada menu Setting >> Default appsa atau klik kanan pada file >> klik open with >> klik choose another app >> Ok.

4. Masalah daya tahan baterai

Memang benar versi terbaru windows 10 ini sangat menguras baterai lapotp dengan cepat, beberaoa driver yang terdapat pada windows 10 belum sepenuhnya sesuai dengna laptop pengguna, sehingga menyebabkan penggunaan hardware pada laptop tidak optimal, dengan begitu laptop akan bekerja secara ekstra yang menyebabkan meningkatnya konsumsi daya baterai.

Untuk yang menggunakan windows 10 di harapkan selalu mengecek driver dan frimware secra berkala, sehingga bisa mengupdate ke versi terbaru, selain itu fitur automatic upadte tidak bisa di matikan sehingga akan dengan mudah menguras lebih banyak daya, saat laptop di hidupkan.

5. Masalah suara atau Audio

Jika memiliki maslah dengna instalasi driver realtek, tidak mendapatkan pengalmaan audio penuh dengna VIA HD audio atau memiliki masalah dengan audio conexant microsoft menyarankan menjalanakan msconfig.exe dan menuju tab boot, kemudian klik advanced pilihan tombol, centang kotak memory maksimum dan menetapkan nilai 3072, kemudian jika memiliki VIA HD Audio, buka perangkat playback, klik kanan pada perangkat audio dan mengaturnya sebagai perangkat default.

6. Masalah pada menu atau perangkat aplikasi

Start menu, notif, wifi tray, volume, jam, kalender, cortan tidak bisa di buka saat di klik tidak ada respon sama sekali.

Solusi mengatasi masalah ini adalah reset windows melalui setting >> Windows recovery >> recovery.

Dan pencegahan agar tidak error kembali dengan cara jangan menginstal antivirus seperti Avast, avira dan lain-lain jangna gunakan tune up seperti tune up utility, asc, update windows secaa foffline, matikan windows upadte otomatis (Taska manager >> tab sevice >> open services >> cari windows update >> klik stop >> klik kanan windows update >> property >> set di sable >> apply/ save), dan ajngan matikan windows 10 secara terpaksa.

Tips tambahan

Karena performa pada windows 10 belum maksimal baik dari segi tampilan, desain, dan fitur solusinya adalah :


  1. Jangan menginstal di komputer utama, karena performa belum final.
  2. Jangan menginstal windows technical preview di pc utama, gunakan saja di virtual machien atau stidaknya menjadi dual boot dengan pc utama, untuk menghindari terjadinya maslaah di pc utama.
  3. Rutin mengupdate microsoft, windows technical preview akan di upadte microsoft secra rutin dan bisa mengistal updatenya dengan mudah tanpa harus menginstal ulang, kita akan selalu mendapatkan build dengna versi terbaru setiap kali selesai melakukan update.
  4. Gunakan firewall untuk memblokir layanan update dan mencegah dari memperbaharui secaa otomatis.
  5. Biasa chrome tidak berfungsi sebagiamna mestinya bahkan sering mengalami crash, caranya adlah menghapus dan menginstal kembali dari awal, dan pastinya gunakan ekstensi yang di gunakan di versi terbaru, atau mencoba beralih ke browser yang lain seperti firefox atau microsoft edge.
Demikian tips cara mengatasi masalah pada windows 10 terlengkap dan terbaru semoga dapat mengatasi masalah yang sedang di hadapi oleh sahabat kangkomar pamit dan sampai jumpa.




1 comments:

Terima kasih sudah mau memberikan komentar anda :v

Maaf jika loading kolom komentar sedikit lama karena masalah kode css yang belum terpecahkan oleh kangkomar.net sekali lagi mohon maaf

A. Jangan malu untuk menyatakan pendapat.
B. Terima kasih jika sahabat mau berkomentar dengan baik.
EmoticonEmoticon