Cara Mengatasi Laptop Mati Total Tidak Bisa Hidup

Kangkomar.net - Cara mengatasi laptop mati total tidak bisa di hidupkan lagi, bnayak terjadi kasus seperti ini di sebagian orang atau user menganggap bahwa masalah laptop tiba-tiba mati dan tidak bisa di hidupkan lagi ada yang berpikir bahwa itu masalah yang terjadi di akibatkan oleh hardware dari sebuah laptop tersebut.

Ternyata ada banyak sekali faktor yang menyebabkan laptop kita mati dan tiba-tiba tidak bisa di hidupkan lagi, akhirnya user atau pengguna larinya ke tukang service padahal kita sendiri mampu memperbaikinya, bagiamana cara mengatapo laptop yang tiba-tiba mati dan tidak bisa di hidupkan kangkomar akan membahasnya secara tuntas sampai ke akar-akrnya, makannya ikuti terus perkembangan blog kangkomar dengan berlangganan artikel setiap harinya, sahabat akan mendapatkan sebuah artikel yang langsung di kirimkan secara otomatis ke dalam email sahabat.

Laptop di buat khusus agar kita mudah membawanya di dalam aktifitas kita sehari-hari, tentunya lebih banyak keuntungan jika di bandingkan dengan komputer dekstop yang akan sulit untuk di bawa kemana-mana, semenjak perangkat ini muncul, seolah laptop menghipnotis banyak orang untuk mengesampingkan komputer dekstop yang cukup sulit di bawa kemana-mana, memang benar selain mudah di bawa laptop juga bentuknya lebih kecil, dan bobotnya juga lebih ringan.

Namun sahabat juga harus mengetahui satu hal, bahwa mobilitas yang tinggi, membuat perangkat ini lebih cepat mengalami masalah dan kerusakan, dengan bebagai guncangan dan tekanan serta gesekan yang mungkin terjadi saat di bawa, akan lebih memperparah keruskana pada laptop sahabat.

masalah yang paling umum terjadi adalah laptop tiba-tiba mati total dan tidak bisa di hidupkan lagi, jika problem ini terjadi pada laptop sahabat alangkah baiknya jika mencoba saran dari kangkomar tentang cara mengatasi laptop tiba-tiba mati dan tidak bisa di hiduokan kembali, tanpa harus pergi ke jasa tukang service.

Baca juga "Cara mengatasi laptop yang tidak bisa di shutdown"

Cara mengatasi Laptop tiba-tiba mati dan tidak bisa di hidupkan



1. Hidupkan Laptop Menggunakan Charger Tanpa baterai

Sahabat harus mencoba menghdiupkan laptop sahbat hanya dengan charger langsung, karena pengalaman kangkomar memang seperti ini, tanpa memasang baterai. Cara ini di maksudkan untuk mengetahui apakah baterai mengalami corsleting atau tidak, sebab kangkomar peernah mendapatkan beberapa kasus ternyata baterailah yang menyebabkan laptop tidak bisa di hidupkan, setelah kangkomar cabut, biasanya laptop bisa di hidupkan jika memang benar baterai tersebut mengalami corsleting.


2. Cabut dan pasang kembali baterai laptop sahabat

Cobalah untuk mencabut baterai laptop sahbat, kemudian pasang kembali, setelah terpasang, cobalah unutk menghidupkan laptop sahbat, biasanya hanya dengna cara ini laptop sudah bisa di hidupkan kembali tanpa adanya proses tambahan.


3. Cabut memory dan pasang kembali

Selanjutnya cabutlah memory sahabat, bersihkan memory tersebut dan pasang kembali, kemudian cobalah untuk menghidupkan laptop sahabat yang tiba-tiba mati tersbut, jika belum ada respon sama seklai, cobalah hidupkan laptop sahabat tanpa memory dan lihat apa yang terjadi, jika berbunyi beep panjang, matikan laptop dan pasang kembali memorynya, kemudian hidupkan kembali laptop tersebut. Sebab, banayak maslaah mati total terjadi akibat memory yangk kotor dan rusak, oleh karena itu cobalah dulu cara ini untuk tambahan ilmu.


4. Ganti processor

Coba gantilah procesor laptop sahabat dengna yang sejenis, kemudian lakukanlah pengetesan, jika laptop sahabat bisa di hidupkan, berarti procesorlah yang mengalami keruskaan.



5. Bongkar dan bersihkan laptop

Pada tahap ini sepertinya sedikit lebih rumit, karena di butuhkan sedikit pengetahuan tentang bongkar-mebongkar laptop, yang sahabat harus lakukan adalah membongkar laptop sahabat, emncabut kompone-komponen yang bisa di cabut seperti hard disk, memory, DVD drive, procesor, wifi card dan lain-lain, setelah itu bersihkan semuanya menggunakan kuas yang bersih.


Membersihkan komponen laptop dari debu sangat penting sahabat, karena debu yang menumpuk pasti akan mengganggu perangkat di dalam casing laptop itu sendiri jadi mulai peduli dengan perangkat sahabat sendiri mulai hari ini.

Langkah berikut adalah lakukanlah pengetesan, tetapi tidak usah di pasang utuh sahabat, cukup lakukan tes di luar casing saja, kemudian perhatikan apa yang terjadi.

Jika belum berhasil juga, cobalah hidupkan laptop hanya dengan procesor dan memory saja, cabut semua komponen seperti DVD drive, hard disk, wifi card dan lain-lain. Ini juga untuk melihat aplikasi ada di antara kompne-komponen tersebut yang mengalami corsleting, sebab banyak kasus laptop mati totoal akibat adanya corsleting di beberpaa komponen tersebut, sehingga jika terpaang di mainboard akan menyebabkan laptop tidak bisa di hidupkan kembali.


Jika semua cara di atas sudah di coba dan belum berhasil juga, dapat kangkomar pastikan bahwa keruskan terjadi pada bagian mainboard, mungkin BIOSnya rusak atau chipsetnya rusak pada mainboard tersebut yang rusak, unutk masalah ini kangkomar menyarankan jangan di atasi sendiri, segera bawalah laptop sahbat ke tempat spesialis reparasi mainboard.

Demikian cara demi cara yang kangkomar ketahui dan kangkomar bagikan tentang cara mengatasi laptop mati total tidak bisa di hidupkan kembali, jika cara di atas tidak ada yang bekerja berarti laptop sahabat sudah terkena penyakit komplikasi di bagian mainboard, jika ada pertanyaan seputar cara mengatasi keruskan laptop silhakan sahabat berikan pertanyaan melalui kolom komentar yang ada di bawah ini, kangkomar pamit dan sampai jumpa.



Terima kasih sudah mau memberikan komentar anda :v

Maaf jika loading kolom komentar sedikit lama karena masalah kode css yang belum terpecahkan oleh kangkomar.net sekali lagi mohon maaf

A. Jangan malu untuk menyatakan pendapat.
B. Terima kasih jika sahabat mau berkomentar dengan baik.
EmoticonEmoticon